Rabu, 09 Desember 2009

UJUNG GENTENG, menyusur 942km jalur selatan Banten - Jabar

Hari ke 3:
Kami bangun pagi2 sekali sebelum waktu sholat subuh...niatnya sih mau berangkat jam 06.00. Rupanya Bapak masih belum lepas rasa kangennya. Jadilah kami diajak ngobrol sampai jam 08.00 lebih. Dengan berat hati ahirnya jam 09.00 kami pamit. Sebelumnya Bapak & Ibu minta di foto dan titip pesan supaya di cetak & di kirim untuk keperluan memperpanjang KTP.

Tujuan kami ke Ujung Genteng, jadi rute yg kami ambil, kembali Sumur, Cimanggu, Cibaliung, Cikeusik, Muarabinuangeun, Bayah, Cisolok, Pelabuhan Ratu, Jampang Kulon, Surade , terus lanjut ke Ujung Genteng.

Pagi ini kami bisa pilah pilih jalan di sepanjang jalan yang rusak. Padahal kemaren malam rasanya nggak ada bagian yg bisa dilewati….. (biasa udah capekkkk). Kami sampai di Sumur dalam 1 jam. Kami teruskan perjalanan menuju Muarabinuangen. Di tengah jalan kami mampir di pasar Cibaliung untuk membeli golok & gula aren. Gula arennya menggiurkan... dibungkus pake semacam daun pandan. Nyam-nyam...  1 bungkus Rp. 6000,- . Kami beli 3 bungkus....Duh, bawaan jadi tambah berat! Tapi nggak papa lah… rasanya memang enak! 

Kami harus terus bergerak, masih panjang jalanan rusak yg harus dilewati. Sebelum mencapai Bayah masuk waktu dzuhur, kami berhenti istirahat di pom bensin yg cukup bersih untuk sholat & membasuh muka. Cuaca betul2 panassss.... baju & celana sudah basah keringat. Karena jalanan sepi saya sering melepas helm..... bener2 swegerrrrr.......!!

Lepas ashar kami sempat berhenti sebentar di atas bukit sebelum masuk daerah Cisolok. pemandangannnya luarrrr biasa! Tapi nggak bias lama2… karena udah sore. Masuk waktu Magrib kami sudah melewati pelabuhan ratu. Kami istirahat di satu mesjid. Cuaca mulai dingin, karena daerah yg kami lalui berbukit-bukit. Karena sudah capek berathhhh saya minta KD supaya malam ini istirahat di masjid tersebut dan meneruskan perjalanan besok pagi. Biasa…. kami beda pendapat. Karena perjalanan masih jauh, KD ngotot kami harus sampai setidaknya ke Jampang Kulon dulu, baru cari tempat untuk istirahat. Langsung dehhhh saya pasang muka asemmmmmm!  Karna udah kelamaan diatas motor, pantat rasanya sakit banget.  Ampunnnn deh! Jadi sepanjang jalan menuju Jampang Kulon saya nggak nanggepin omongan KD. Jadilah kami berdua manyun beratttttt.    

Bener aja. Jam 21.00 kami baru masuk ke Jampang Kulon. Masjid2 sudah gelap & ditutup.... cari penginapan juga belum ketemu.... Ahirnya dengan kekuatan terakhir, kami sampai di pom bensin besar. Motor langsung parkir di dekat mushola dan kami langsung tidurrrrrrrr!!! Jam 24.00 saya bangun…Istirahat 2 jam cukup bikin badan saya seger…. Lalu pergi mandi & ganti baju bersih (bener2 nggak tahan gatel2 bekas keringet & daki..) & beres2....karena barang2 kami masih berserakan dimana2.... Sesudah itu saya tidur lagi. Ini pengalaman pertama saya tidur di mushola pom bensin. Saya pikir ini bakal jadi pengalaman terakhir yg nggak ngenakin, ehhh ternyata di depan bakal ada pegalaman2 baru lainnya yang nggak kalah seru…

Sebelum adzan subuh kami sudah bangun, langsung beberes. Selesai sholat kami langsung berangkat lagi. Hah!!!! hari ini kami udah ngobrol lagi....karna suasana hati udah oke    Ternyata jarak dari pom bensin ke Ujung Genteng tinggal 20 km lagi. Kami putar2 pantai....beberapa hari kemaren baru ada peryaan Hari Nelayan disini. Mmmmm sampah dimana2….  Kami lihat disekitar pantai ada kebon kelapa berhektar2.... daerah ini sentra penghasil gula kelapa. Kami sempat mampir ke salah satu hotel disana & ngobrol dengan H. Babuk sesepuhnya. Pemandangannya yahud. Jam 09.00 kami meninggalkan Ujung Genteng menuju muara sungai Cikandang.