Selasa, 19 Mei 2009

TAMAN JAYA, menyusur 942km jalur selatan Banten – Jabar




Udah lama nggak jalan2 sama swami. Dari awal kami udah berencana pergi ke Taman jaya - 1 kampung di deket Taman Nasional Ujung kulon, Banten - di ahir bulan, sekalian nengok keluarga (kami sih ngganggepnya begitu)......Kali ini perjalanan motor touring. Rencana awal cuma 2-3 hari.... ahirnya molor jadi 6 hari. Kocak lah jadinya...Biasa..karena nggak sesuai rencana banyak aja kejadian yg diluar dugaan.... tidur di pom bensin...di warung pinggir jalan...ngeliften truk lewat ...jalan kaki... (sambil bawa ransel berat euy)...ada acara mutung sgala (biasanya sih saya yg begini)... pokoknya seru lah!
Hari 1
Kami berangkat tgl 3 Mei, jam 06.00. Dari Cibinong menuju Sukabumi, kemudian ambil jalur Cisolok, Bayah, Muarabinuangeun, Cikeusik, Cibaliung, Cimanggu, Sumur lanjut ke Taman Jaya.

Kami sengaja ambil jalur pantai selatan, karena mau liat pemandangan2 bagus....& ngecek jalan, sudah bagus ataw belum. Kami sarapan pagi di Sukabumi, istirahat dzuhur & makan di Bayah, istirahat magrib di Sumur. Lepas Muarabinuangeun menuju sumur...., ampunnnnn banyak jalan2 yang terkelupas. Motor kami sempat jatuh di jalur ini gara2 jalan yg jelek. Lumayan memar2 & harus mampir bengkel karena stang nggak lurus lagi. Selepas Magrib dari Sumur menuju Taman Jaya.... 80% jalan rusak, 50%nya parahhhhh. beberapa kali saya harus jalan kaki karena selain pegel2..., motor nggak mungkin lewat dengan kondisi boncengan (mana saya termasuk gerombolan si berat lagi, belum di tambah ransel.....duhhh). Lepas adzan Isya kami sampai juga di rumah Pak Tochran di desa Taman Jaya.... 12 jam lebih di jalan....pegelll bujur + nyeri cangkeng bo!!!!!! :( :( Karena udah 10 th swami ( Kang Daud) nggak ketemu Pak Tochran, jadilah kami diajak ngobrol sampai jam 10 lebih... mata udah tinggal 5 watt...badan gatel2... Biarpun kami selingin mandi & makan. Bapak tetep aja nggak brenti2 ngajak ngobrol. Kebetulan waktu itu Agus cucunya sedang sakit, jadi beberapa anggota keluarga yg lain ikut ngobrol dengan kami. Karna udah teler berat, gigitan nyamuk nggak kerasa (jangan salah! daerah pinggir pantai biasanya nyamuknya maut).
Hari 2
Duhhh. rasanya nyuamannnn banget. Tidur lagi sesudah sholat Subuh (yang kesiangan) ... :) bangun2 Ibu udah nyediain nasi uduk sepiring penuh....laparrrr pisan! Energi abis buat jalan 12 jam kemaren. Kelamaan naik motor, maaf bujur sampe baal...(sakit lho!) Jadi rencana hari ini mau jalan2 liat kondisi desa.... udah lama banget terahir kali kami kesini (sambil nglurusin kaki).
KD (baca: Kang Daud) terakhir kesini th 92, saya sendiri th 96, waktu itu kami juga belum nikah & jalannya sama temen masing2. KD pertama kali th 82 bareng temen2 "jalannya", kalo saya th 89 bareng temen2 kuliah dulu. Untuk saya ini yang ke-4, buat KD yang ke-6.Kami muter2 nyari icon Taman Jaya jaman baheula.... tapi ternyata udah banyak yg berubah....bangunan kayu kantor PHPA yg dulu & wisma2nya yg berdiri diantara pohon2 rindang udah hancur....sayang
:((( ...
diganti bangunan bata yg baru....dan penginapan2 milik perorangan. Padahal saya suka bangunan kayu yang dulu.....sejuk, banyak pohon rindang, jalan2 masih dari tanah...Bekas2 bangunan nya masih ada... dan untungnya pohon2 yang rindang & jalan setapak dari tanah juga masih di tempatnya. Pak Kasan kenalan KD masih ada... tapi Pak Jaikam yg saya kenal th 96 dulu sudah meninggal. :(

Ciri khas penduduk desa sepanjang yang saya alami di Jawa Barat & Banten adalah: walaupun mereka baru kenal hari itu & kondisis mereka susah, mereka nggak lupa untuk spontan kasih makan. Biarpun lauknya cuma sama sambel +lalapan. (Maklum walaupun saya asli Jawa Tengah, saya besar & tua di Jakarta, jadi wilayah jelajahnya Jawa Barat dsknya) Kalo mudik pasti saya cuma ke tempat famili yg saya kenal saja.

Jadi karena saya tamu, di rumah Bapak saya dapat pinjaman ruang tidur utama + segala kemewahan makan 3 kali sehari. Dari awal Bapak sudah crita kalo di rumah banyak beras, jadi jangan kuatir soal makan. Saya masih nggak habis pikir..... dengan kondisi sehari2 yg sederhana, Bapak masih sanggup membiayai kuliah cucunya & membayar uang masuk ke kepolisian yg jumlahnya puluhan juta. saya kagum. :)






1 komentar:

  1. mba kl asli jawa tengah kok ngga ngembangin / nelusurin daerahnya ndiri? :(

    BalasHapus

Mari Bicara

Dimana Menghubungi Saya?

HP : 087825203130
Telp : 021-8758911