Kamis, 19 Maret 2009

CIKANDANG

Cikandang terletak di Selatan Garut berjarak tempuh 1,5 jam dari kota Garut. Kalau dari Jakarta kurang lebih 5,5 jam perjalanan. Tapi perjalanan yang panjang akan terbayar setelah keluar dari kota Garut. Perjalanan menuju Cikandang sendiri luar biasa indah & menarik. Sepanjang perjalanan akan merasakan udara sejuk dan disuguhi pemandangan pegunungan. Untuk teman-teman yang menyukai off-road ada beberapa rute yang bisa ditempuh karena sepanjang aliran sungai Cikandang di penuhi perkebunan sawit.

Jernihnya air sungai ditambah pemandangan sawah, perkebunan sawit, dan titik finish yang hanya berjarak + 500 m dari bibir pantai menjadikan pengarungan di Cikandang sangat menarik dan tidak akan terlupakan.

Pada bulan Desember - Februari sungai ini menawarkan tantangan bagi mereka yang siap mengarungi sungai dengan kesulitan tinggi ( IV+). Pada bulan Maret - Juli Cikandang jauh lebih ramah.

Untuk teman-teman yang terlalu capai menempuh perjalanan panjang, bisa menginap dahulu di Garut. Ada beberapa tempat yang bisa disinggahi. Mulai dari Hotel Tirta Gangga, Mulih Ka Desa atau ada satu Guest House di depan Sampireun. Untuk ketiga tempat pertama tadi Informasi bisa didapatkan dari hotel tirtagangga atau silahkan cek di www.tirtagangga-hotel.com. Pemiliknya masih sama.

Kami banyak bekerja sama dengan penduduk setempat. Keramahan mereka akan sangat terasa pada saat start dan finish. Makan pagi dan siang dilakukan dirumah teman-teman - kami sudah mengganggap demikian. Makan masakan rumahan khas setempat! rasanya lebih nikmat....Untuk teman-teman yang ingin lebih menikmati suasana desa, menginap di rumah penduduk juga akan jadi pengalaman yang luar biasa....

Jangan takut untuk teman-teman yang tidak biasa....dari titik finish.. kurang dari 30 menit perjalanan, ada hotel yang cukup memadai di daerah Santolo (fasilitas spring-bed, ac +tv). Selain hotel yang lumayan, disana juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dan penampungan lobster. Dengan harga berkisar Rp. 75.000,- - Rp. 300.000,-/kg nya (tergantung jenis & besar lobster) teman2 bisa puas menikmati lobster. Bagaimana urusan masaknya? Lagi-lagi jangan kuatir disana ada teman yang biasa memberikan jasa memasak (seperti di daerah muara karang).

Kendaraan apa yang mesti dibawa? Minimal sebaiknya kijang atau, kalau bisa kendaraan 4-wheels dan paling besar bis 3/4. Meskipun jalannya bagus tetapi lebar jalan tidak cukup lebar untuk bis besar. L-300 dan sejenisnya masih memungkinkan.

Sampai saat ini, untuk daerah Jawa Barat, Cikandang betul-betul rajanya. Pada saat bergabung dengan kami, teman-teman tidak hanya akan dianggap sebagai tamu, tetapi juga sebagai teman 1 tim pengarungan!


Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Bicara

Dimana Menghubungi Saya?

HP : 087825203130
Telp : 021-8758911